Belajar Inggris Otodidak

Repost-Edit dari Old Kaskus] Belajar Bahasa Inggris Otodidak? Bisa kok!
Halo agan2 sekalian! dulu ane pernah post thread semacem ini 3 tahun lalu, karena ane merasa penting untuk dipost kembali, makanya ane repost dan ane edit dengan menambahkan beberapa elemen tambahan, enjoy! here are the tips:

1. Banyak Baca
Baca, ini salah satu tips paling efektif menurut ane, selain nambah wawasan agan-agan sekalian, dengan baca juga kita bakal nemu kata-kata yang orang lain mungkin enggak pernah denger, coba aja kalo agan baca nih, terus nemu2 kata macem Juxtaposed, Arbitrary, Albeit, Conundrum, Soliloquoykalo dipake pas ngomong kan bakal kece banget pasti 
selain kata formal ada juga Slang, yaitu bisa dibilang bahasa gaulnya Amerika, dan buanyaaaak banget kata-kata slang itu, dan asik juga kalo dipake, bisa dicari di google kok!

2. Manfaatin Media!
Udah era globalisasi, berita bakal dimana-mana, bahasa inggris juga bakal ada dimana-mana, nah ini salah satu kesempatan agan untuk memanfaatkan, coba denger lagu di henpon terus liat lirik-lirik bahasa inggris, atau nongton pelm pake subtitle inggris, atau yang ringan, main game! selain bisa nambah kata-kata baru, bisa mengasah skill listening agan2!

3. Speak with yourself
Ini mungkin ane ambil dari teknik Shadowboxing yang biasa dipake petinju kalo mau bertanding, nah bedanya, kalo dipake tinju itu kita kaya ninju-ninju bayangan, kalo dipake di bahasa, itu kaya ngomong sendiri, emang kaya orang gila sih tapi ane jadi pede ngomong gan, kalo dikaitkan dengan tips nomor 2, agan bisa belajar aksen-aksen tambahan atau gaya bicara baru supaya beda dari orang lain, nah agan latih itu, nanti kalo ada public speaking atau kenalan sm bule kan lumayan tuh gan 

4. Latihan soal
Ini mungkin agak ngebosenin bagi yang udah lulus sekolah, tapi agan bisa cari soal-soal semacem SAT atau sekedar grammar exercise di google pasti banyak banget, tujuannya supaya agan tau struktur kalimat yang benar dan formal seperti apa, kalo di SAT soal-soalnya level tinggi gan 

5. Open-minded
Open minded ini maksudnya agan jangan malu belajar dari yang lebih jago atau yang tidak sejago agan, karena belajar itu tidak hanya dari buku..ya toh?

6. kalo ada kata susah, catet! gunakan!
Kalo ini kaitannya sama tips 1 dan 2, agan pasti, pasti bakal nemu kata-kata yang enggak dimengerti, nah itu jangan dibiarin aja gan, karena sayang, itu bakal jadi bekel kita nanti kalo-kalo ketemu bule, atau disuruh ngomong bahasa inggris, nah kalo bisa agan siapkan note kecil, atau tulis di note henpon kata-kata itu dan artinya, nanti tinggal sempetin agan-agan untuk coba tulis kalimat menggunakan kata tersebut, pasti bisa kok!

7. use it, or lose it
nah kalo yang ini fungsinya supaya agan gak lupa, kalo udah ngerti dan banyak kata yang ada di otak, mending diaplikasikan gan, misal, kalo lagi nyatet atau nulis-nulis ngarang gitu, pake aja bahasa inggris atau ya sekedar nulis ngasal gitu gan, atau gunakan shadowboxing tadi supaya gak makin lupa.

8. Re-set your mind, and keep practicing, not keep smiling!
Re-set yang ane maksud adalah, menurut pengalaman ane, kalo agan hanya memikirkan kata untuk dipake tanpa mengerti apa maksudnya, agan akan ngasal ngomongnya, tapi, coba di-set otaknya setiap mikir juga udah pake bahasa inggris, jadi enggak 2x kerja lagi otaknya, dan itu semua bakal tercapai kalo agan terus menerus melatih, supaya kalo ditanya sama bule atau disuruh ngomong bahasa inggris gak "keep smile" doang kaya sekarang yang banyak nih hehe 

9. LEAVE YOUR COMFORT ZONE
nah ini yang bisa membantu agan-agan semakin jago inggrisnya, ketika agan-agan udah melakukan semua tips diatas dan dapat dibilang "jago", agan berarti sudah merasa nyaman dan aman, ketika agan sudah merasa kaya gitu, tantang lagi diri agan! kaya misalnya denger lagu liat lirik, ganti jadi denger lagu, tp gak liat lirik, bahkan tulis liriknya, atau nonton film yang asalnya pake subtitle, ilangin subtitlenya dan coba denger sendiri, dengan gitu agan akan semakin jago dan kompeten, coba juga nulis makalah atau tugas pake inggris (yang ini kalo dibolehin aja yak )

Ane bikin trit ini gak ngarep cendol atau apa kok gan cuma pengen bikin aja dan bagi-bagi, siapa tau yang mau tinggal diluar butuh ini , oiya, ini juga berdasarkan pengalaman ane pribadi yang udah belajar dari SD tanpa harus kursus sedikitpun, kalo ada yang bilang "ah itu udah bakat lu gan" jawaban ane adalah "Hardwork beats talent, bro.". Selain itu, ane juga merekomendasikan untuk ambil kursus bagi yang butuh cepet bisa bahasanya, karena tips dari ane ini sifatnya untuk membantu saja hehe ane juga me-repost trit ane yang dulu karena ane nambah lagi pengalamannya jadi ane repost dan edit

Semoga bermanfaat gan! selain untuk diri sendiri, ane yakin kedepannya bahasa inggris ini bukan lagi bahasa yang susah ditemukan sehari-hari, oleh karena itu harus disiapin dari sekarang, Goodluck, gan!

Repost from kaskus... 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Tes Unpam 2019

Hidup Hanya Perlu Dijalani

Apa 50 pelajaran hidup paling berharga yang kamu dapatkan sejak kecil hingga usia saat ini?