Pengalaman Tes Unpam 2019

Hai apa kabar guys, siapapun yang telah menyempatkan diri untuk mampir dan membaca tulisan ku disini.. 
Okay aku ingin sedikit berbagi cerita tentang pengalamanku masuk tes unpam mulai dari pendaftaran awal sampe aku selesai registrasi ulang kemarin. Langsung aja guys, jadi waktu itu aku dapet info kuliah di unpam segala tetek bengeknya dari aku searching-searching di google, aku juga tau dari acara Kick Andi tentang Bapak Darsono pendiri atau pelopor Unpam yang katanya murah meriah bagi kita para mahasiswa baik yang bekerja maupun yang fokus buat kuliah. Lokasinya tepatnya ada di Tangerang.. UNPAM itu ada yang di pusat dan ada yang di viktor, nah tentang detailnya aku kurang jelas guys maklum aku juga maba disini..

    Tanggal 15 Juni kemarin aku daftar kuliah ke unpam buat gelombang 2 di pusatnya,  aku bawa persyaratan yang perlu dibawa seperti ijazah yang sudah terlegalisir, foto berwarna ukuran 3x4 2 lembar, materai Rp 6000,- 1 lembar, fotokopi ktp. Daftar kesana sendirian cuman yeah aku mikir no problem ntar disana juga bakalan ketemu teman kenalan.  Antriannya busettt panjang banget, banyak juga yang daftar kuliah di unpam. Untuk pendaftaran kita bayar Rp 100rb,  cuman klo ada yang rekomendasi dari kakak senior kita nggak usah bayar alias gratis,  nah aku udah janjian sama salah satu kakak senior cewek yang mau ngrekomendasiin aku supaya yahhh gak usah bayar.  Kita ketemu di perpus unpam,  aku kenal kakak itu dari group wa yang di fb. 
Akhirnya setelah sekian lama antri giliran ku tiba, saat antri sempat kenalan sama beberapa teman cewek dan cowok disitu.  Sempat tukeran nomer wa,  lumayan banyak teman banyak rezeki guys..  Wkwk
Yah siapa tau klo butuh apa2 misalnya nginep, jalan2 daerah situ, utang, info ttg kampus bisa nanya2 hoho 😁

    Dan pilihanku pun jatuh pada prodi teknik informatika ngambil kelas reguler C,  jadi kuliahnya sabtu doang. Karena senin sampe jum'at aku kerja, minggu bisa dipake kegiatan lainnya. Aku sebenernya dari awal pengan ngambil manajemen cuman ada beberapa saran teman buat ngambil teknik informatika, karena sekarang lulusan IT banyak yang lagi dibutuhin dan cukup menjanjikan. Aku pun kembali searching2 tentang IT, gak sengaja juga lihat cuplikan film hacker saat nyari info IT di youtube yaudah penasaran aku tonton aja filmnya.  Judul filmnya klo gak salah waktu itu "Hacker 2016", nah aku sempet speechless ternyata keren plus bagus yahhh klo bisa ngehack2 data orang,  bisa ngehack komputer orang, hack bank, bisa nyuri2 data penting,  bisa tau teknologi yang terkini.  Dari situ aku mulai nyari film tentang hacker yang lain dan aku jatuh cinta sama film "Who am I" cerita dan endingnya bener* beuuuuh gak terpikirkan dan kereeenn wkwkwk..  Aku jadi punya cita-cita kepengen jadi hacker beneran. Sayangnya hacker cewe nggak ada guys,  yang ada cowok yang kebanyakan dikenal masyarakat. Ok kok kita malah bahas film hacker yaaa,  haha mungkin bisa dibahas lain kali kalau masalah film tentang IT yaaah.  Film Mr Robot juga keren guys jangan lupa wkwkw.. Ehhhh ok stop El,

    Dan ini tentang pendaftaran tadi, disitu kita ditanya tentang beberapa hal dan disuruh moto berkas2 dan formulir pendaftaran untuk dikirim kepada petugasnya melalui nomor wa. Yeayyy aku sudah selesai daftar dan aku balik lagi ke Jakarta. Di gelombang ke 2 ini,  kita tes tanggal 7 Juli dan menerima hasilnya di web tanggal 11 julinya. Untuk registrasi ulang gelombang 2 dimulai dari tanggal 11-20 juli.
Ok saatnya kita ngomongin masalah pengalaman tes unpam tanggal 7 juli kemarin. 
Jadi, hari sabtunya tanggal 6 Juli aku nginep dirumah temanku di Tangerang,  karena aku takut telat dan takut kecapean pas aku mau tes kalau aku paksaain berangkat dari Jakarta. Aku belajar soal2 smk dulu,  bahasa Indonesia, matematika, bahasa inggris,  pengetahuan umum, sama sejarah unpam. Soalnya ada beberapa pengalaman yang aku baca di kaskus maupun di blog dan forum quora kalau ada soal ttg unpam. Yaudah itu aku kadang nyantol kadang nggak juga tuh materinya apalagi aku kan lulusan tahun2 kmrn wkwk jadi agak lola, tapi kalau aku belajarnya abis bangun tidur kebukti langsung masuk tuh materi. 
Pagi2 jam setengah 6 aku dan temanku berangkat buat tes, yah seperti tes biasa bawa pulpen ,pensil, penghapus, jangan lupa formulir dibawa karena nanti pas kita tes di cek sama pengawasnya. Jangan lupa sarapan, minum, dan berdoa juga minta doa orang tua guys..  Nyampe kampus sekitar jam 8nan karena memang jauh,  temanku rumahnya di Balaraja, lumayan jauh klo ke kampus. Hmmm tapi tetap jauhan aku.
    Karena aku ngambil teknik informatika jadi tes dan tempat kuliahnya ada di viktor,  dan jangan kaget yahhh guys parkirannya penuhhh banget apalagi pas waktu pulang motor kayak nggak maju2 stuck ditempat wkwkw, untuk ngecek kita dapet ruangan nomor berapa tinggal buka website pmb nya ntar masukin nomor pendaftaran kita hasilnya muncul 2 hari sebelum hari H. Dan yang ngambil teknik informatika kita tesnya di lantai 6, aku dapat ruang nomor 614.. Sengaja aku tebelin siapa tau ada yang seruangan sama aku yang kemarin tes wkwk salam kenal.
Oh iya aku lupa, sebelum tes kita diwajibkan buat tes urine guys. Buat jaga2 kalau ada pengguna narkoba karena unpam benar2 menggalakkan dan mendisiplinkan pengguna obat2 terlarang dikampus.  Nahhhh, saat dicari2 akhirnya ketemu ruanganku dilantai 6. Disamping ruang 615 dan di depan pos 13 buat nyerahin botol urine kita.  Aku langsung ngambil posisi duduk agak ditengah dan posisi depan, aku meletakkan tasku dibawah. Lalu ngambil botol yang udah tercantum namaku dan aku langsung ngibrit bareng temanku ke kamar mandi. Aku agak gugup saat itu,  apalagi temanku teriak2 kayak suara toa masjid. Suaranya bikin aku buru2 dan shittt botolku jatuh dan tumpah,  aku keluar dengan muka sedikit gugup plus kesel. Temanku diluar cuman mandangin aku sama bingungnya melihat botolku kosong,  aku bilang jatuh gara2 lu teriak mulu. Dia malah ketawa ngakak kan bangsat yaaak,  hmmm.

     Akhirnya dengan masih gugup haha keringat dingin aku bilang ke petugasnya "mbak2 bisa nggak tes urine nya ntar aja abis tes, tadi botol saya tumpah" saya serahin itu yang kosong wkwk.. Trus mbak2 sama mas2 nya malah berpandang-pandangan gitu,  eaaa dalam hati aku mengutuk mereka jatuh cinta (ets nyatanya nggak mereka heran aja kalik ya )Hmmm,  mungkin dalam hati mereka "hmmm,  ini mbaknya pecicilan apa ya pas kencing kok bisa tumpah" wkwk.
Masnya menjawab "maaf mbak,  gak bisa harus sekarang sebelum ujian berlangsung". Mampus2 luh..
Mbaknya menimpali, "silahkan ambil botol yang baru lagi mbak dan mbaknya buat, label lagi nama, ruang, nomor pendaftaran dan minum air yang banyak biar kencing lagi".. Hmmm iya ding aku nurutin aja apa kata mereka biar cepet kelar,  ujian dimulai jam 8.45.. Aku langsung buru-buru masuk kelas,  dan omg "who's that?"
Ini nggak bisa dibiarin,  ada cowok yang duduk ditempat ku duduk. Aku langsung aja ragu2 melangkah, terus minta tempat dudukku "mas,  maaf ini tempat dudukku".. Masnya dengan tampang cengoh plus bloon mandangin aku terus ke temannya sebelah kanan kiri,  eaaa aku pikir masnya nyari pembelaan.. "Maaf mbak,  dari tadi saya udah disini".. Aku melihat ilfeel masnya dan anak2 disamping kanan kirinya masak nggak nglihat orang tadi aku yang duluan naruh tas disini.. Yaudah aku jongkok mau ngambil tasku pindah tempat duduk.. Et pas aku lihat tasnya, ehhhh bentar2 ini kok beda ya tasnya. Emang item sih,  lumayan mirip tapi kok ada beberapa bagian yang beda. Alhasil seketika aku langsung nanyain ruangan, "maaf ini ruangan nomor berapa ya?".. Masnya pada nyengir2 semua "ini ruangan nomor 615 mbak", mbaknya salah ruangan kali.
seketika aku langsung ngakak dan ngibrit kabur temanku yang diluar ngakak juga,  huahhh mampus2..pas aku keluar aku dengar beberapa mahasiswanya pada ngakak,  adeuuuh malu banget njirrr. 

     Pas nyampe ruangan, aku seketika ngambil pulpen plus botol air minum yang dibawain temanku, mungkin temanku seruangan pada mikir kalik yaah "ni cwek bolak balik ruang an urusannya kagak kelar*" kulihat beberapa orang sibuk belajar, aku boro2 udah puyeng masalah tes urine kagak kelar2. Aku minum tuh di dekat pos 13, sebanyak-banyaknya,  dan dengerin komplain dan pertanyaan beberapa anak cowok masalah tes urine juga.. Air minum aku tinggal dikit, aku balik lagi ke kelas buat naruh botolnya.. Aku ngambil botol urine dan ke kamar mandi,  wc cwek dipake cowok semua,  gantian katanya yaudah disuruh pake wc cowok untungnya ada kamar kecil gtu 1. Udah disitu aku ngomel2 ngedumel sendiri..  Kampus viktor emang banyak cowoknya karena kebanyakan buat prodi teknik. Selesai urusan tes urine balik ke kelas, ngatur napas ngabisin air minum dan beberapa menit pengawasnya dateng. Pengawasnya ngejelasin tentang peraturan tes dan nanyain tentang beberapa botol urine yang masih di meja kelas. Ternyata, ada beberapa yang belum tes urine lalu disuruh tes terlebih dahulu, kalau tau gitu tadi aku gak buru2 tes urine yaaah hmmm. Dan pengawasnya ngomong "selama ujian berlangsung dilarang keluar meninggalkan kelas walaupun itu ke kamar mandi karena dianggap mengundurkan diri".
Alhasil yang ingin ke kamar mandi dipersilahkan ke kamar mandi dulu, aku ngerasa fine2 aja. Ujian pun dimulai dengan waktu 90 menit, dengan 50 soal mtk,b.indonesia, b.inggris, dan pengetahuan  umum tentang sejarah.  Hmmm,  berarti yang soal ttg keunpaman itu prodi lain sob karena memang setiap prodi beda2 soal tesnya, padahal aku sempet belajar ttg ti sedikit tapi yah bagus dah kagak keluar wkwk..  Selang 30 menit tes berlangsung berjalan dengan lancar, soalnya juga nggak terlalu jauh dari prediksi..  Di nomor 16an aku mulai gelisah, aku kebelet banget kencing hadeuuuh ada2 bae pikirku.  Tadi aja pas disuruh ke kamar mandi kagak berasa giliran udah tes kagak boleh keluar malah kebelet gini. Alhasil,  ngerjain soal ujian sambil nahan.. Antara kepengen cepat kelar tesnya gara2 masalah kebelet sama minta tambahan waktu karena beuuuuh mtknya anjirrr gua kagak ngerti sama sekali itu soal2 nya, itu soal baru gua lihat seumur hidup wkwk lebay...           

   Jadi guys itu 20 soal mtknya dan 16 diantaranya soal SMA semua,  apalah daya ku... Cuman aku kerjain yang 4 soal terakhir karena itu soal smk jadi aku masih bisa, yang lain aku clingak clinguk sama kanan kiri. Berharap salah satu diantara mas2nya memberi kan aku wangsit,  nyatanya nggak ada yang nengok mereka fokus mikir soal.. Aku lihat mas di sebelah kanan aku lumayan pinter dia kek bikin oret2an pas ngerjain mtk nggak kayak aku cmn bengong sedih meratapi soal2 itu, haha..
Sedikit memberani kan diri dan mengalahkan gengsi.. "Mas SMA ya? " "iya mbak,  knpa? "
"Boleh dong diliatin lembar jawabannya aku nggak ngerti soal mtk SMA"
Yah mungkin karena kasian atau memang dia berbaik hati langsung disodorin ke aku.. Ehhhh pengawasnya rese,  ehhh mas2 iya kamu kalau udah selesai dikumpulin aja mas..  Hmmm asem,  dan yang lain harap tidak mengganggu.. Sambil mandang ke aku, alhasil masnya ngumpulin jawabannya sambil bilang "good luck mbak"
Dengkul mu atos mas,  dalam hati.. Aku mengutuk itu pengawas sama masnya,  hadeuuuh udah takut aja kagak lolos..
Beralih ke mas2 sebelah kiri aku, mas nomor ini dong..  Yaampun aku kagak tau malu banget,  padahal cwek. Ahhh masa bodoh pikirku kalau urusan nilai aku nggak peduli.. Hmmm
Akhirnya kita jadi ngobrol dikit sambil ketawa.. "Udah mbak tenang aja,  pasti lolos kok,  ngawur aja percaya dah.. " lah aku lihat di group fb ada beberapa yang nggak lolos brarti bukan formalitas doang kan,  minimal nilainya 7.. Hmmm mampus2, pengawasnya ngomong lagi "harap yang sudah selesai jangan ganggu yang lain yaaa", silahkan dikumpulkan. .dengan muka masam aku isi ngawur dan masnya bialng "sampe ketemu lagi mbak,  yakin pasti lolos" hmmm iya in aja aamiin in aja apa salahnya.. Langsung aku berdiri dan ngumpulin jawaban nya,  dan keluar ruangan.. Aku lihat 2 temanku udah nunggu diluar, aku langsung minta bawain papan ujianku dan ngibrit ke kamar mandi buat kencing.. 
Pulang,  dan seperti di awal aku bilang motor temenku kagak maju2 wkwk saking padatnya mahasiswa unpam.
Setelah selesai ujian temanku ngajak maen ke CitraRaya semacam dufan lah ada banyak wahananya. Perorang 80rb,  kita naik macam2 wahana lumayan ngilangin stres tadi setelah ujian wkwk, makasih bro..

Dan kemarin aku registrasi ulang, tanggal 13 juli.  Aku nyampe stasiun rawa buntu jam 12. Aku brangkat dari rumah jam 9 tapi nggak langsung ke stasiun hehe ,  aku mampir dulu beli jilbab karena jilbabku ada nodanya pas aku makan es cream mau brangkat tadi.. Hmmm nyampe stasiun buaran jam tengah 10..eh busetttt ngantri banget yang beli tiket kayak beli sembako wkwk.. Nunggu keretanya juga lumayan lama.. Akhirnya brangkat,  dan nyampe stasiun aku minta maaf banget sama temanku, dia nunggu aku sampe 2 jam. Akhirnya kita berangkat,  nyampe kampus sekitar jam tengah 1 dan bayar registrasi ulang Rp 700rb,  sekalian di kasih almet aku minta ukuran M, kita foto ktm dan langsung jadi.. Ketemu beberapa teman dan kenalan, pulangnya makan dulu di kantin dan nggak langsung pulang tapi nganterin motor punya teman Dita,  kita ke Cikupa dianterin sama temanku ke arah Cikupa karena memang kita nggak tau tempatnya.. Nyampe Cikupa kita pisah sama temanku,  dan aku sama Dita mulai nyari2 itu kosan teman dita dan diputer2 in sama gps.. Akhirnya ketemu dan pulang menuju stasiun Tangerang..  Kita nyampe kos ku dan Dita nginep, tadi jam tengah 4 sore dia pulang ke Bogor.. Dan aku sendiri lagi nunggu temanku kos Lutfi pulang, btw besok shift 1 semoga lancar dahhh pasti pegel nih tangan ada anak magang soalnya...  Ok guys sekian dan terimakasih
Wassalamu'alaikum ❤️

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hidup Hanya Perlu Dijalani

Apa 50 pelajaran hidup paling berharga yang kamu dapatkan sejak kecil hingga usia saat ini?